Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template
Diberdayakan oleh Blogger.

Ada Mode "Ahli" di Kamera Oppo N3

KOMPAS.com - Oppo N3 adalah smartphone Android yang dibekali dengan teknologi unik berupa kamera yang bisa diputar ke arah depan maupun belakang secara otomatis.

Oppo N3 cukup menggunakan satu kamera utama untuk menangkap gambar dari dua sisi depan dan belakang, sementara ponsel pintar lain biasanya memakai dua unit kamera yang diletakkan di muka dan punggung perangkat secara terpisah.
Dalam pengalaman singkat memakai Oppo N3 untuk menjepret foto, ternyata bukan cuma kemampuan berputar itu saja yang menjadi kelebihan kamera pada ponsel ini.

Kamera 16 megapixel pada Oppo N3 ternyata terbilang bagus untuk ukuran sebuahsmartphone. Sensor berukuran 1/2,3 inci (sama dengan kebanyakan kamera saku), dipadu lensa berbukaan f/2.2 bisa menghasilkan efek depth of field/ blur yang menarik ketika dipakai untuk memotret obyek dalam jarak dekat.

Untuk pengguna yang menginginkan kontrol tingkat lanjut, Oppo N3 menyediakan "Expert Mode" yang secara harfiah berarti "mode ahli" di dalam aplikasi. Expert Mode memberikan opsi pengaturan tingkat ISO, exposure compensation, fokus manual, dan sejumlah preset white balance.
oik yusuf/ kompas.comOpsi pengaturan parameter foto dalam Expert Mode (Taken by Oppo N3)
Ketimbang mode manual pada kamera digital, Expert Mode lebih mirip dengan mode Program AE. Namun parameter-parameter setting yang tersedia tetap bisa membantu menangkap gambar sesuai yang diinginkan.

Menariknya, Expert Mode memungkinkan pengguna untuk memisah area meteringdengan area fokus. Dengan fitur ini, fokus bisa ditempatkan di suatu bidang dalam frame, sementara pengukuran light metering diambil dari area lain.

Hal tersebut akan terasa manfaatnya dalam situasi tertentu, misalnya saat kondisibacklight yang sering "menipu" metering kamera sehingga melakukan under-exposure. Fungsinya dalam hal ini mirip-mirip dengan spot metering pada kamera digital.
oik yusuf/ kompas.com
Expert Mode bisa memisahkan area fokus (ditandai crosshair berbentuk kotak) dengan area metering (ditandai crosshari berbentuk bulat) sehingga dapat digunakan untuk mengakali pengukuran pencahayaan di situasi tertentu. (Taken by Oppo N3)
Secara umum gambar hasil tangkapan Oppo N3 dalam kondisi luar ruang dapat dikatakan cukup berkualitas. Warna-warna tampil cerah dengan kontras dan saturasi yang tinggi, sementara detil-detil dalam foto bisa diabadikan dengan apik berkat resolusi yang mencapai 16 megapixel.
Terima kasih telah membaca artikel tentang Ada Mode "Ahli" di Kamera Oppo N3 di blog Houck Diaries jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini diwebbroswer anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :

Kata Share | Mas Sehat | Ston SEO Responsif Blogger Template